Langsung ke konten utama

Keripik Daun Kelor


Tugas Wirausaha Agroindustri
1.    Bagaimana menemukan ide untuk memulai sebuah usaha?
Jawab :
Ide bisnis sebenarnya sudah ada di sekitar kita, tetapi memang sulit untuk menemukan ide yang dapat dieksekusi. Menemukan ide bisnis baru membutuhkan proses brainstorming, kesesuaian keterampilan, dan minat. Langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu:
a.       Alokasikan waktu khusus untuk melakukan brainstorming ide
Ini bisa dilakukan sendiri atau dengan orang lain. Orang lain itu bisa jadi orang yang punya ide, teman, atau orang yang akan bekerja sama nantinya. Sebuah bisnis yang telah berjalan di luar sana mungkin dapat menginspirasi, dan kita juga tidak akan pernah tahu apa yang mungkin dapat kita temukan ketika sedang melakukan kegiatan sehari-hari, karena hal-hal kecil sekalipun dapat memicu gagasan besar.
b.      Pertimbangkan hal-hal yang menarik minat kita terlebih dahulu
Tuliskan semua ide yang dapat kita pikirkan atau sesuatu yang kita anggap bagus dalam hal produksi, penjualan, maupun pemasaran. Jangan membatasi diri karena tidak memiliki keahlian untuk ide bisnis tertentu. Kita selalu dapat mempelajari keterampilan baru jika memang diperlukan. Namun, kita juga perlu bersikap realistis agar ide tersebut dapat dieksekusi dengan baik.
c.       Pikirkan hal yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat
Kunci untuk menemukan permasalahan yang terjadi di masyarakat adalah dengan melihat apa yang dibutuhkan oleh banyak orang namun belum ada yang mendapatkan solusinya.
d.      Amati trend
Berpikirlah secara kreatif dan jadilah yang terdepan, karena ide, niche, dan kemungkinan baru akan terus bermunculan.
e.       Mempertimbangkan kebutuhan kita sendiri
Kebutuhan berbeda dari minat, karena kita perlu memikirkan apa yang mampu kita lakukan dan pendekatan yang siap kita ambil. Misalnya, apakah kita ingin mendirikan bisnis dari rumah, di toko, kantor, atau bisnis virtual? Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, dan itu sangat bergantung pada ide bisnis kita.
f.       Belajar dari orang lain
Baca buku, artikel, dan materi lainnya oleh dan tentang orang-orang yang kita kagumi untuk belajar tentang pendekatan mereka dalam membuat dan menjalankan ide-ide bisnis. Kita dapat mengikuti metode mereka yang kita anggap menginspirasi dan bermanfaat.
2.    Pemilihan produk dan pembuatan desain produk

Produk merupakan bagian  terpenting dari bisnis kita sehingga produk yang akan dijual  harus istimewa dihadapan konsumen. Sekalipun produk adalah bagian terpenting dari bisnis namun produk bukanlah faktor utama yang menentukan keuntungan besar dalam bisnis tersebut. Agar keuntungan semakin besar kita perlu mempertimbangkan produk apa yang akan dijual. Semakin banyak orang yang tertarik dan membutuhkan produk kita maka semakin banyak pula produk tersebut terjual kepada konsumen.
Produk yang saya pilih adalah keripik daun kelor. Keripik adalah makanan ringan yang diolah melalui teknologi yang sangat digemari masyarakat, cara pengolahan keripik juga sederhana dan mudah. Keripik juga sering diartikan sebagai sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan ataupun sayuran yang mengandung pati. Alasan mengapa saya memilih untuk membuat olahan daun kelor menjadi keripik yaitu agar mudah di konsumsi oleh semua kalangan tanpa harus repot mengolahnya atau memproses terlebih dahulu. Olahan keripik daun kelor masih jarang sekali di temui disini, hal ini menjadi salah satu peluang usaha untuk ke depannya. 

Desain produk dari keripik daun kelor
3.    Analisis SWOT
a.       Strenght
1)      Bahan baku pembuatan produk ini mudah diperoleh karena kami menggunakan bahan baku produk pertanian lokal
2)      Lokasi yang strategis memudahkan untuk melakukan pendistribusian agar sampai ke tangan konsumen.
b.      Weakness
1)      Belum memiliki cukup pengalaman.
2)      Kami belum memiliki modal yang cukup besar untuk mengembangkan usaha kami.
c.       Opportunities
Pemasaran produk ini bisa dibilang cukup mudah karena kedekatan tempat produksi dengan masyarakat.
d.      Threat
Terkadang ada orang yang tidak begitu menyukai produk yang baru dan dirasa aneh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tangismu

Aku tidak bisa membedakan Mana hujan dan apa itu tangismu Jatuh bersamaan menerpa kelas, sore itu Aku tak bisa menghentikan Tapi ku terjang Dengan payung-payung candaan Tangismu terlalu berharga Untuk menetes sia-sia Walau bahagiamu bukan kehendakku Setidaknya aku coba Tuk hentikan segala tangismu Aku yakin Aku tidak bisa menghalaunya Karena terlalu deras Menerpa jendela-jendela matamu Dan aku coba Yakinkan dirimu lagi Terlalu mahal air matamu Untuk kau pasrahkan di setiap dukamu Bukalah jendela itu Sinar bahagiamu menanti senyummu Pastikan air matamu reda Paguyangan, April 2018. Puisi ini karya temanku, Bayu Galih Permadi. ( Follow saja di instagram @bgpiss_ 😁 )